Wednesday 20 May 2009

Dampak dan Kesinambungan OPI

Menindak lanjuti postingan sebelumnya yaitu Program OPI (Operational Performance Improvement) dan ngOPI bareng OPI, kali ini herip mencoba buat postingan lagi dengan judul Dampak dan Kesinambungan OPI. Kembali ke tujuan salah satu dari BTP Korporat 2009 (OPI, red) yaitu untuk memperbaiki kinerja kilang secara berkelanjutan dengan fokus pada perbaikan keemapt elemen sistem operasi:
- Aspek teknis: Konfigurasi aset untuk memaksimalkan nilai.]
- Sistem manajemen: Struktur formal dan rangkaian proses untuk mengoptimalkan sumber daya sumber daya guna mencapai tujuan bersama.
- Pola pikir dan kapabilitas: Cara pekerja berpikir, merasakan, dan bertingkah laku, serta keterampilan dan kemampuan mereka untuk menjalankan program.
- Kepemimpinan: Kemampuan untuk mengartikulasikan visi yang jelas dan mengerakkan organisasinya ke arah tersebut.
Itulah terget dari OPI. Herip: "Enak sih, cuma bikin target-target tapi implementasinya kurang, jangan setengah-setengah donk OPI".

Lanjut, dalam mengukur kesuksesan program
OPI, disebutkan ada 3 ukuran kesuksesan OPI dalam setiap Unit Pengolahan ditinjau dari
- Tujuan finansial: Program investasi yang terarah, pendapatan (Return On Capital Employed) yang atraktif, pertumbuhan yang berkesinambungan.
- Tujuan operasional: Fleksibilitas crude yang lebih naik, profil produksi yang optimal, 0 (nol) kegagalan fatal, efisiensi energi yang tinggi, tidak ada kececlakaan, struktur biaya yang bersaing.
_ Tujuan organisasional: Kandidat-kandidat pemimpin yang capable, akuntabilitas yang tinggi, pengembangan kapabilitas kelas dunia, manajemen kinerja yang transparan, kolaboratif, serta budaya profesional dan memberi semangat.
Herip: "Saya ikut prihatin dengan kejadian kemarin (Furnace Pertamina RU 3 Pecah, red)".

OPI adalah "harapan besar terakhir" bagi Direktorat Pengolahan Pertamina. Jika OPI tidak berhasil, konsekuensinya tidak dapat diprediksikan, mengingat semakin ketatnya situasi persaingan pasar serta semakin besarnya tekanan aturan untuk kinerja. OPI harus berhasl memastikan kesinambungan jangka panjang dari usaha ini. OPI menjaga kesinambungan melalui 2 cara:
-
OPI melatih pembangunan kapabilitas dan pola pikir: Mengenbangkan sekelompok OPI Coach berpengalaman dengan pola pikir dan kapabilitas yang tepat ditiap RU dan di pusat yang bertindak sebagai "center of excellence" dalam metodologi OPI.
- 4 Elemen sistem operasi: Secara simultan,
OPI menangani sistem teknis, sistem manajemen, pola pikir dan kapabilitas serta kepemimpinan guna menciptakan dampak perubahan yang saling meneguhkan, sehingga kinerja dapat terjaga.

Reliability, Optimasi, Refinery fuel dan Refinery loss adalah fokus utama elemen sisten teknis dalam tahap awal berjalannya
OPI. Namun demikian, hasil diagnostik setiap RU dapat saja menambah topik sistem teknik. Untuk memastikan kesinambungan dampaknya, elemen-elemen lain dalam sistem operasi juga harus mendapatkan perhatian yang cukup, seperti manajemen infrastruktur, pola pikir, kapabilitas dan kepemimpinan.


Baca juga 5 artikel herip sebelumnya dibawahi ini:

Mempercepat Kinerja Firefox
Pertamina Bernafas Kembali
Blog Cepu Segera Siap Beroperasi
Furnace Pertamina Refinery Plaju Pecah
Direktur Utama Pertamina Terima Penghargaan MURI

No comments:

Post a Comment